Senin, 03 September 2012

Beberapa Makanan yang Harus di Hindari Ibu Hamil



Hamil adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami-istri, terutama pasangan pengantin baru. Namun tahukan kalian kalo ternyata seorang Ibu hamil itu makannya tidak boleh sembarangan. Ada makanan-makanan tertentu yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil, pasalnya janin dalam kandungan rentan terhadap bakteri.

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari ibu hamil :

Ikan rentan merkuri

Hindari ikan yang kemungkinan mengandung logam merkuri seperti todak, mackerel, dan hiu. Logam ini dapat membahayakan perkembangan bayi yang belum lahir. Wanita hamil harus memilih ikan yang rendah merkuri, seperti ikan lele, salmon, dan tuna kalengan.

Jika Anda lebih memilih tuna putih, batasi diri sampai enam ons per minggu. Periksa dengan dokter Anda sebelum mengambil minyak ikan atau suplemen lainnya saat hamil.

Makanan yang dibungkus sterofoam

Makanan panas dalam sterofoam dapat memungkinkan bakteri untuk berkembang biak.

Kerang mentah

Parasit dan bakteri yang berada pada kerang mentah bisa menyebabkan penyakit. Kerang aman dikonsumsi selama kehamilan jika memasaknya matang menyeluruh.

Buah atau sayur yang tidak dicuci bersih

Pastikan untuk bilas sayur dan buah secara menyeluruh dengan air mengalir. Sebuah parasit yang disebut toxoplasma dapat hidup pada buah dan sayuran walaupun sudah dicuci. Parasit tersebut menyebabkan penyakit yang disebut toksoplasmosis dan sangat berbahaya untuk bayi yang belum lahir.

Jangan gunakan sabun untuk mencuci produk. Sebaliknya, gosok permukaan dengan sikat sayuran kecil. Potong bagian buah atau sayur yang tidak segar karena bakteri berlabuh di sana.

Unggas tak segar

Unggas mentah dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri. Cara masak yang tepat dapat melindungi kebanyakan orang, tetapi kehamilan membuat lebih sulit untuk melawan infeksi.

Tauge

Wanita hamil tidak boleh makan kecambah mentah dalam bentuk apapun, termasuk alfalfa dan semanggi lobak. Bakteri dapat masuk ke dalam biji sebelum kecambah mulai tumbuh dan kuman ini hampir tidak mungkin untuk membersihkan. Di toko, cek sandwich untuk memastikan mereka tidak mengandung kecambah mentah. Di rumah, memasak kubis secara menyeluruh untuk memusnahkan semua bakteri.

Smoked seafood

Hindari makanan yang diproses melalui pengasapan karena rentan terhadap listeria. Ini termasuk salmon asap, ikan cod, tuna, atau mackerel.

Agar buah hati dalam kandungan terjaga kesehatannya, maka ibu yang sedang mengandung harus menjaga asupan makanan dengan baik. Hindari makanan dan minuman yang membahayakan.

Minuman yang harus dihindari ibu hamil :

Susu yang tidak dipasteurisasi
Susu segar yang belum melalui proses pasteurisasi mengandung listeria. Konsumsilah susu, keju, atau produk susu dari peternakan lokal, jika label yang dipasang mengatakan “dipasteurisasi.”

Alkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan cacat lahir, walaupun dikonsumsi hanya sedikit. Agar aman, hindari minuman yang mengandung alkohol.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India