Senin, 03 September 2012

Hindari Menyiram Air ke Kepala Langsung



Akhir-akhir ini, telah beredar info peringatan tentang mandi. Diperingatkan agar jangan langsung menyiram air ke kepala secara langsung saat mandi karena bisa berisiko stroke. Ternyata menurut pakar saraf kemungkinan itu ada terutama pada orang-orang tertentu yakni saat udara terlalu dingin atau panas dan suhu tubuh sedang dalam kondisi sebaliknya.
Maka itu disarankan bila sedang dalam keadaan kepanasan atau kedinginan, sebaiknya hindarilah menyiram air secara langsung ke kepala saat mandi. Pada orang-orang tertentu, menyiram air langsung ke kepala dengan suhu yang berlawanan bisa menyebabkan stroke.

Menurut Prof dr Teguh Ranakusuma, SpS (K), dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM, jika seseorang yang tubuhnya sedang kepanasan lalu langsung menyiram kepalanya dengan air dingin, bisa menyebabkan saraf kaget atau bahkan stroke bila terjadi pada orang yang tidak sehat, perubahan suhu yang tiba-tiba bisa menyebabkan stroke bila terjadi pada tipe-tipe orang dengan penyakit tertentu, yaitu:

- Penyakit Jantung

- Tekanan Darah Tinggi

- Gangguan Darah

- Gangguan Pembuluh Darah

Hal ini juga bisa terjadi ketika tubuh yang kedinginan tiba-tiba di siram dengan air panas. Perubahan yang tiba-tiba ini yang menyebabkan stroke.

Untuk menghindari risiko kepala kaget disarankan saat udara terlalu dingin atau panas dan suhu tubuh sedang dalam kondisi sebaliknya, maka saat mandi jangan langsung menyiram air di kepala. Beri tubuh penyesuaian dulu seperti menyiram tangan lalu badan baru ke kepala.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India