Senin, 03 September 2012

Tips Mencegah Penyakit Stroke



Saat ini penyakit stroke memang menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang di dunia, terutama orang-orang yang sudah memasuki usia di atas 50 tahun. Namun tidak banyak juga usia dibawah 50 tang juga terkena penyakit stroke. Penyakit stroke sebenarnya terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak terputus, dan menyebabkan sel-sel otak mati karena kekurangan oksigen dan makanan. Namun ternyata penyakit stroke bisa dicegah secara dini, bagaimana cara mencegah penyakit stroke??

Penyakit stroke bisa dicegah dengan membuat perubahan gaya hidup anda. Berikut Tips mencegah penyakit stroke :

1. No Smoking

Merokok secara signifikan dapat meningkatkan resiko penyakit stroke sebesar 50% serta semua bentuk penyakit kardiovaskular. Penelitian juga menemukan bahwa asap rokok juga meningkatkan risiko terhadap stroke.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Buah-buahan dan sayuran tidak memiliki lemak trans atau lemak jenuh, dan juga merupakan sumber serat makanan. Buah-buahan tertentu dan sayuran (pisang, jeruk, stroberi, tomat, artichoke, dll) yang tinggi kalium. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1 / 4 cangkir makanan kaya potasium dapat mengurangi resiko stroke sebanyak 25%, dan menambahkan secangkir makanan tinggi serat sebanyak 43% menurut studi Perawat Boston ‘. Cobalah untuk makan minimal 5 porsi buah dan (terutama) sayuran setiap hari.

3. Kurangi meminum Alkohol

Dari Studi Dua Universitas terbaru menemukan bahwa minum Alkohol dua gelas sehari atau lebih dapat meningkatkan risiko stroke. Konsumsi alkohol yang berat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan iskemik (disebabkan oleh gumpalan darah atau penyumbatan dalam arteri) dan hemoragik (terjadi ketika pembuluh darah pecah) stroke.

4. Kontrol Tekanan Darah

Orang dengan tekanan darah yang sehat – kurang dari 120/80 – memiliki risiko stroke 50 persen lebih sedikit dibanding mereka dengan tekanan darah tinggi, atau hipertensi. Cara terbaik untuk menjaga tekanan darah adalah olahraga teratur, menghindari stress, dan memelihara berat badan yang sehat.

5. Diet

Usahakan untuk diet (bagi yang kelebihan berat badan), karena dengan diet, bisa bermanfaat mengangkat risiko pembekuan darah yang menjadi penyebab utama penyakit stroke dan serangan jantung.

6. Merawat Kesehatan Mulut

Orang dengan penyakit gusi memiliki resiko lebih besar untuk terkena stroke karena cenderung memiliki penyumbatan di arteri karotis. Penumpukan plak dalam arteri karotid meningkatkan resiko penyakit stroke karena mengurangi aliran darah ke otak, serta membuat pembentukan darah yang beku yang dapat menyebabkan stroke. Oleh karena itu, jangan malas-malas sikat gigi ya.

7. Konsummsi Omega 3 dan Tambahkan dalam Menu Diet

Peneliti Harvard menemukan bahwa orang yang makan ikan Omega-3 asam lemak sekali per minggu menurunkan risiko stroke mereka hingga 50%. Omega-3 dalam ikan (juga ditemukan dalam biji rami dan kenari) mengurangi arteri-peradangan yang dapat mengentalkan darah dan menyebabkan stroke. Suplemen omega-3 juga menjadi juga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mencegah stroke.

Stroke telah menjadi penyebab kematian terbesar di dunia selain penyakit jantung dan kanker, maka dari itu sebaiknya kita mencegah sebelum terkena penyakit stroke. Semoga tips mencegah penyakit stroke ini bermanfaat bagi anda semua.. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India