Senin, 03 September 2012

Trik Menidurkan Bayi



Salah satu cerita klasik dari para orang tua adalah soal menidurkan anak. Mungkin, anda sendiri sudah mengalaminya. Atau, barangkali, anda sedang menanti kedatangan sang buah hati dan cemas mendengar kisah-kisah mengenai bayi yang sulit tidur dan membuat orang tuanya terjaga terus menerus.

Jangan khawatir. Anda hanya perlu mengenal lebih jauh karakter bayi yang baru lahir, dan menerapkan kiat-kiat praktis agar istirahat anda (dan si bayi) tenang. Pertama-tama, ketahuilah bahwa tidak semua bayi yang baru lahir serta merta mengetahui perbedaan pagi dan malam.

Maklum, ia di dalam perut selama sembilan bulan dan bisa tidur atau bangun sekehendak hatinya. Setelah lahir, kebingungan akan waktu ini yang mengacaukan waktu tidur bayi, dan, otomatis, ibu. Untuk itu, ada beberapa tips menidurkan bayi yang bisa anda coba.

Satu, coba batasi waktu tidur bayi di siang hari, jangan sampai lebih dari tiga jam berturut-turut. Tetapi, jangan juga sampai bayi kekurangan tidur. Bayi usia. 0-3 bulan perlu 16-18 jam waktu tidur.

Kedua, perkenalkan perbedaan waktu. Saat bayi tidur di siang hari, jaga agar suasana kamar tidak terlalu gelap. Sedangkan, di malam hari, redupkan lampu seperti biasanya. Jangan meladeni anak untuk bermain di malam hari.

Ketiga, buat jadwal menidurkan bayi agar ia paham waktu-waktu main dan istirahat.

Keempat, atur agar tubuhnya nyaman, tidak kedinginan, tidak juga kepanasan. Jika tidak perlu, tidak usah memakaikan bayi baju atau selimut tebal, cukup yang tipis agar tidurnya nyaman.

Kelima, ciptakan suasana yang tenang. Lampu yang temaram, alunan musik lembut, atau nyanyian pelan dari ibu bisa membuat bayi merasa santai dan mengantuk.

Keenam, tidak ada salahnya melakukan menimang sebagai cara menidurkan bayi. Ketika masih di dalam perut, bayi merasakan goyangan saat ibunya beraktivitias. Timangan akan membuatnya tenang dan aman, seperti saat masih di dalam kandungan.

Ketujuh, anda juga bisa mencoba memberikan pijatan ringan. Pijat membuat aliran darah lancar dan tubuh terasa lebih relaks.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India