Jumat, 28 September 2012

Tips Menjaga Kesehatan Hati



Organ Hati

Hati atau liver adalah organ vital yang memiliki fungsi penting yakni memetabolisme sebagian besar nutrisi yang diserap oleh usus serta detoksifikasi dengan membuang obat-obataan, alkohol dan bahan kimia berbahaya lain dari aliran darah dan memprosesnya secara kimia sehingga zat-zat ini dapat dikeluarkan dari tubuh lewat sistem pencernaan atau saluran kemih.

Beberpa Cara atau Tips Herbal Menjaga Kesehatan hati

Karena fungsinya yang begitu penting, kita dituntut untuk menjaga kesehatannya. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. untuk itu berikut ada beberapa hal yang disarankan agar hati tetap terjaga secara sehat dan berfungsi dengan baik.
1. Cuci Tangan sebelum dan sesudah Makan seta setelah BAB.
Dengan membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan atau setelah BAB dengan menggunakan sabun serta dengan memperhatikan kebersihan telapak tangan kuku akan membantu mencegah penyebaran hepatitis A.
2. Membiasakan Pola Makan Sehat
Menyantap makanan bergizi dengan cara diet seimbang akan membuat organ hati berfungsi lebih efisien sehingga berdampak pada kesehatan secara menyeluruh. Selain itu, diet seimbang juga dapat meregenerasi sel-sel hati yang rusak oleh virus hepatitis, sehingga dapat membentuk sel-sel hati baru.
3. Perhatikan Asupan Kalori
Kelebihan kalori dalam bentuk karbohidrat dapat menyebabkan disfungsi hati dan menyebabkan simpanan lemak dalam hati yang menjadikan organ hati berlemak.
4. Tidak Menkongumsi Minuman Alkohol
Minuman keras, bir dan anggur dapat berpengaruh buruk pada metabolisme organ hati. Sebaiknya, konsumsi alkohol dibatasi karena dapat menyebabkan hepatitis alkoholik dan hepatitis sirosis. Orang-orang dengan penyakit organ hati tidak boleh minum alkohol sama sekali.
5. Bersetubuh Secara Aman
Pakailah kondom saat melakukan hubungan. Hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui darah dan cairan tubuh. Hindari berbagi barang pribadi Anda seperti sikat gigi, pisau cukur atau manicure set, terutama jika pasangan Anda menderita penyakit di organ hati.
6. Vaksinasi
Saat ini, vaksinasi hepatitis A dan B sudah tersedia di mana-mana. Program imunisasi untuk hepatitis B juga telah diupayakan untuk semua anak dan orang dewasa. Ternyata, vaksinasi hepatitis B juga sangat penting untuk bayi yang baru lahir karena 90% yang terkena virus ini terkena infeksi kronis.
7. Jauhi Cairan dan Asap beracun termasuk Asap Rokok
Asap dari pengencer cat, semprotan serangga, dan semprotan penyegar udara lainnya akan masuk ke pembuluh darah kecil dalam paru-paru dan dibawa ke hati, lalu mengalami detoksifikasi dan dihilangkan di empedu. Karena itu jumlah dan konsentrasi bahan kimia harus dikontrol untuk mencegah kerusakan hati.
Itulah informasi seputar cara efektif menjaga kesehatan hati agar hati didalam tubuh dapat berfungsi secara baik serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Selaku penyedia informasi kami berharap semoga dengan adanya informasi ini dapat berguna serta bermanfaat untuk Anda semua terutama untuk menjaga kesehatan organ hati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India