Jumat, 28 September 2012

Informasi Seputar Ginjal




Tahukah anda, bahwa ginjal adalah organ yang sangat penting dalam tubuh. Fungsi organ ginjal dalam tubuh kita yaitu menyaring darah dari berbagai limbah. Ginjal mengolah lemak, kolestrol, zat kimia dan alkohol yang dibersihkan di hati dan dikeluarkan dalam bentuk air seni. Ginjal akan sangat bekerja keras ketika kita sering begadang, minum minuman bersoda dan mengkonsumsi zat kimia. Ginjal akan mudah dalam menjalankan peranannya sebagai penyaring ketika kita banyak minum air putih. Air putih sangat dibutuhkan ginjal dalam menerima berbagi zat dari perombakan hati. Misalkan minum kopi, usahakan minum kopinya 1 gelas, sedangkan minum air putihnya 2 gelas sebagai perbandingan dan sebagai cara mengencerkan kopi yang kita minum agar ginjal tidak terlalu berat dalam menjalankan tugasnya sebagai penyaring.

Fungsi ginjal adalah

1. Membantu seluruh proses penyeimbangan tubuh (homeostatis). Kalau ginjal kita sehat tentunya keseimbangan tubuh kita akan terjaga dan segar dalam menjalankan aktivitas.

2. Mengatur keseimbangan antara asam dan basa.

3. Sebagai pengatur, yaitu mengatur konsentrasi elektrolit, mengatur volume cairan ekstraseluler, mengatur tekanan darah. mengkonsumsi obat penurun tekanan darah dan obat-obat jantung akan membuat ginjal bertambah lemah. Hal ini karena ginjal terlalu berat dalam aktivitas filtrasi, reabsorpsi, dan sekresinya.

4. Menjadi bagian dari sistem organ vital lainnya seperti jantung, liver, limpa dan organ endokrin. karena menerima limbah dari organ tersebut.

5. Membersihkan darah. yaitu menyaring, menyerap dan mengembalikan zat yang dibutuhkan tubuh.

6. Menerima dan mengolah zat yang dirombak di organ hati kemudian menyaringnya.

7. Memproduksi hormon sehingga mampu mengontrol tekanan darah.

8. Menghasilkan hormon erythropoietin. yaitu hormon yang mengaktifkan vitamin D, membantu pembentukan sel darah merah agar terhindar dari anemia. Oleh karena itu betapa pentingnya peranan ginjal dalam tubuh kita.

Organ Ginjal terletak di rongga perut, yaitu di saluran paravertebral. Setiap manusia memiliki sepasang ginjal, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Masing-masing terletak di sisi tulang belakang. Ginjal kiri terletak di bawah diafragma dan berbatasan dengan limpa. Ginjal kanan berada di bawah diafragma berbatasan dengan hati.

Ginjal terdiri dari dua bagian. Bagian paling luar (korteks) dan bagian dalam (medulla). di bagian luar ginjal terdapat jutaan nefron. Yang paling pertama kali menerima berbagai limbah dari hati adalah tubulus kontortus proksimal, tubulus kontortus distal, dan tubulus duktus kolegentes. Organ ginjal dalam tubuh kita layaknya mesin pengemas, yaitu terus dan terus memilih zat yang diterimanya, kalau zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh maka ginjal akan mengembalikannnya ke peredaran darah, sedangkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh (tidak berguna) akan dikeluarkan dalam bentuk air kencing melalui uretra. Maka dari itu kalau ginjal dalam tubuh kita tidak berfungsi atau kita tidak memiliki ginjal maka betapa banyak dan meluapnya zat-zat kimia dalam tubuh kita.

Sistem kerja ginjal terbagi ke dalam tiga bagian yaitu Filtrasi (Penyaringan), reabsorpsi (memasukkan kembali), dan sekresi (mengeluarkan dari tubuh). mekanisme ini terus menerus bekerja di dalam nefron.

1. Filtrasi (Penyaringan) >> Adalah proses penyaringan sel-sel dan protein dari darah yang kemudian sisanya menjadi urin (air kencing).

2. Reabsorpsi >> adalah penyerapan kembali molekul dari ultrafiltrate ke darah. mengembalikan zat-zat  penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Sekresi >> adalah proses membersihkan molekul dan zat-zat tertentu dari darah dalam bentuk air kencing.

Itulah informasi seputar ginjal. Maka dari itu hindari kebiasaan yang bisa merusak ginjal anda, betapa mahalnya kesehatan, namun tidak mahal kalau pola hidup kita seimbang, teratur dan mengedepankan kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India