Jumat, 28 September 2012

Dampak Operasi Ginjal


Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai dampak dari operasi ginjal. Semua jenis penyakit yang menyerang organ tubuh kita kalau sudah tidak bisa dimusnahkan dengan obat-obatan maka operasi adalah jalan keluar terakhir sebagai usaha dan langkah pengobatan menuju kesembuhan.
Semua jenis operasi tentunya sangat berdampak bagi kondisi tubuh kita, bukan hanya operasi ginjal saja yang berdampak terhadap tubuh, tapi semua jenis operasi contoh operasi hati, usus dan sebagainya. Nah di sini akan dibahas mengenai dampak dari operasi ginjal terhadap kelangsungan hidup selanjutnya.
Berikut adalah dampak positif dari operasi dan pencangkokan ginjal
1. Penderita/penerima memiliki harapan hidup lebih besar dari sebelumnya secara lahir, namun tetap secara batin Tuhan YME yang menentukan kelangsungan hidup makhuluk di jagat raya. Harapan untuk hidup lebih lama lagi akan tercapai dengan memiliki sepasang ginjal baru yang berfungsi sesuai tugasnya di dalam tubuh.
2. Penderita/penerima akan merasa lebih sehat dari sebelumnya, karena ginjal yang digunakannya di dalam tubuhnya adalah ginjal baru dan normal.
4. Penderita/penerima tidak perlu melakukan cuci darah, walaupun masih ada yang melakukannya.
5. Ginjal baru yang digunakan hasil donor dari si pendonor akan bekerja sesuai peranannya di dalam tubuh.
6. Akan lebih berhati-hati dan lebih mengedepankan pola hidup sehat, karena sudah tahu bagaimana merasakan gagal ginjal.
Selain dampak positif tentunya ada pula dampak negatifnya, yaitu
1. Proses mendapatkan pendonor cukup lama, sehingga harus menunggu dalam jangka waktu yang relatif lama pula.
2. Membutuhkan proses pembedahan besar. Proses ini berdampak negatif pada kehidupan selanjutnya terutama pada aktivitas sehari-hari, setelah melakukan operasi penderita ditekankan untuk banyak istirahat dan tidak diperbolehkan melakukan suatu pekerjaan yang berat atau suatu pekerjaan yang menekan otot. Hal ini dikhawatirkan jahitan bekas operasi putus karena tekanan tadi sehingga terjadi luka kembali.
3. Semua organ yang ada pada tubuh kita layaknya sekelompok orang atau manusia yang sudah mengenali dan akrab satu sama lain, seperti halnya sel darah putih yang siap sigap menyerang benda asing yang menempel di tubuh kita. Nah demikian pula dengan ginjal dalam tubuh, ginjal baru yang kita pakai layaknya benda asing bagi organ tubuh yang lain sehingga organ tubuh yang lain tidak mengenali dan menolak sepasang ginjal tersebut.
4. Obat imunosupresan yang diberikan oleh dokter harus rutin diminum, sedangkan obat tersebut mempunyai efek samping negatif terhadap hati. yang lama kemudian bisa menyebabkan kerusakan pada hati sehingga menyebabkan kanker hati (liver).
5. Biaya untuk melakukan pengobatan ini bisa dikatakan sangat mahal.
6. Pendonor (donor hidup) kelangsungan hidupnya akan terganggu dan diragukan, hal ini karena ginjal yang dia miliki hanya satu, (tidak berpasangan), dari logikanya saja umpamakan sepasang batrai tenaga yang tadinya dua batrai menjadi satu batrai, maka akan semakin melemah dalam menjalankan aktifitas. Demikian pula ginjal yang ekstra keras bekerja yang tadinya berpasangan menjadi satu. maka akan semakin berat mengolah limbah dari hati.
Itulah informasi seputar dampak operasi ginjal, kita yang tidak terkena dan tidak mau terkena penyakit tersebut baiknya menanamkan pola hidup sehat sejak dini. Namun bagi anda yang terlanjur terkena keganasan penyakit ini jangan panik dan putus asa, berdoa disertai usaha itu merupakan jalan keluar yang utama.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India