Jumat, 28 September 2012

Efek Jengkol Terhadap Ginjal


Kali ini kita akan membahas mengenai suatu makanan yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia kuliner dan masakan. “Jengkol, ya, jengkol”. Namanya sangat dikenal baik di dunia kuliner maupun dunia kesehatan. Dalam kehidupan sehari-hari buah yang satu ini banyak digemari dan digunakan sebagai bahan masakan, lalab, semur, .bahkan sudah dijumpai di rumah-rumah makan di pinggir jalan. Saya ingatkan kepada bloger semua, waspadalah dengan yang namanya jengkol.
Dari namanya saja “Jengkol” jelas dalam jengkol terdapat zat-zat yang berbahaya bagi ginjal, zat-zat tersebut diantaranya Asam jengkolat dan mengandung Jengkolic acid. jengkolic acid ini bisa mengkristal dan mengeras yang pada akhirnya menyumbat saluran kencing.
Tersumbatnya saluran kencing membuat zat-zat hasil kerja ginjal (Filtrasi) macet dan tidak terkeluarkan dalam proses pengeluaran (Sekresi) sehingga menyebabkan infeksi pada saluran kemih.
Layaknya gorong-gorong, itulah saluran kencing kita kalau banyak sampah yang menumpuk akan menyebabkan kemacetan dan banjir di daerah-derah sekitar. Kalau saluran kemih terkena infeksi maka serba salah bagi ginjal untuk melakukan aktifitas dan akan timbul berbagai gangguan/penyakit ginjal lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India