Sabtu, 08 September 2012

Nutrisi Yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil



Sebelumnya kami sudah membahas tentang nutrisi yang Mama perlukan selama masa kehamilan. Tapi untuk lebih jelasnya, kami memaparkan contoh 10 makanan yang paling baik untuk Mama konsumsi selama kehamilan:
1. TelurKandungan gizi telur sangatlah banyak. Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur juga mengandung banyak protein. Padahal kalori telur hanyalah 90 kalori saja. Selain itu, telur sangat mudah didapatkan, mudah dimasak dengan berbagai variasi, dan murah. Jadi bila Mama sedang tidak sempat menyiapkan makanan yang rumit, telur bisa jadi pilihan tepat
 2. SalmonSalmon mengandung banyak protein dan merupakan sumber utama Omega 3 yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan janin. Selain itu, tidak seperti beberapa jenis ikan lainnya, salmon hanya mengandung sedikit jumlah methylmercury, bahan kimia yang bisa membahayakan perkembangan sistem syaraf janin.
3. Kacang-kacanganKacang-kacangan mengandung serat dan protein yang paling tinggi bila dibandingkan dengan sayuran lainnya. Serat yang dikandung kacang juga sangat penting untuk mencegah sembelit.
4. Ubi jalarUbi jalar memiliki warna daging yang oranye karena mengandung karetenoid, pigmen pada tanaman yang dalam tubuh kita diubah menjadi vitamin A. Selain Ubi Jalar, Labu juga menjadi pilihan karena kaya akan vitamin C, asam folat, dan serat.
5. Makanan yang terbuat dari gandum utuhGandum utuh sangat penting untuk masa kehamilan karena kaya serat dan nutrisi, termasuk vitamin E dan selenium. Oatmeal ataupun roti gandum bisa jadi sumber utama untuk Mama.
6. Kacang KenariBila Mama tidak menyukai ikan atau telur, Mama bisa mencoba kacang kenari, yang menjadi sumber utama Omega 3.
7. YogurtYogurt kaya akan kalsium yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Bila Mama tidak mengonsumsi kalsium yang cukup selama masa kehamilan, kalsium yang dibutuhkan untuk membangun tulang janin akan diambil dari tubuh Mama lho.
8. Sayuran berdaun gelapSayuran berdaun gelap seperti Bayam kaya akan vitamin, termasuk vitamin A, C, K, zat besi serta asam folat. Selain itu sayuran ini juga penting untuk kesehatan mata dan pembentukan sel darah merah.
9. Daging tanpa lemakDaging adalah sumber protein yang tinggi. Pilih daging yang lemaknya sudah dikurangi (lean meat).
 10. Sayuran dan buah yang berwarnaMemakan variasi sayuran hijau, merah, oranye, kuning, ungu, dan putih memastikan Mama dan janin mendapatkan nutrisi yang bervariasi, karena setiap kelompok makanan berwarna mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang berbeda.
Variasikan makanan Mama setiap hari untuk memastikan Mama mendapatkan variasi nutrisi yang berbeda juga. Selain itu, Mama juga pasti akan lebih tidak gampang bosan bila makanan yang Mama konsumsi bervariasi, kan?
Sumber: Buku Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan Modern (Dr. Miriam Stoppard)
Sumber: lactamilmama.com


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India