Rabu, 26 September 2012

Operasi Batriatrik Solusi untuk Penderita Diabetes




DIABETES dan kegemukan nyatanya saling terkait. Dalam banyak penelitian disebutkan, bahwa semakin berat badan seseorang maka semakin besar risiko terkena diabetes.

Sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah dokter di Swedian dan telah dipublikasikan di New England Journal of Medicine mengungkapkan, bahwa operasi pengurangan berat tubuh ternyata bisa mengurangi resiko diabetes. Penelitian tersebut melibatkan 1.658 pasien, yang pernah menjalani operasi batriatrik, sejenis operasi pengencangan perut. Peneliti kemudian membandingkannya dengan 1.771 penderita obesitas yang hanya menggunakan metode lain untuk mengobati penyakit mereka.

Pada awal penelitian, tidak satu pun dari pasien yang menderita diabetes. Tetapi setelah hampir 10 tahun, penelitian yang dipimpin oleh Dokter Lars Sjostrom dari Sahlgrenska University Hospital di Gothenburg, Swedia, ternyata hanya 110 orang penderita diabetes yang pernah menjalani operasi. Sementara 392 pasien lainnya yang tidak menjalani operasi akhirnya menderita diabetes.

Para peneliti kemudian menyimpulkan, bahwa operasi terhadap obesitas bisa mengurangi resiko diabetes hingga 78 persen. Sementara dalam riset lain yang dilakukan Mitchell Roslin, seorang pakar operasi bariatrik pada Lenox Hill Hospital di New York, AS, menyatakan tidak sepakat dengan Jacobs. Menurutnya, jika hanya itu pilihan yang tersedia maka para petugas medis harus menerima resiko. Biayanya yang harus dikeluarkan memang sangat mahal. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India