Senin, 17 September 2012

Hidup Sehat Dengan Makanan Yang Bergizi



Saat ini, ketika kemajuan di segala bidang kehidupan meningkat, termasuk dalam bidang kedokteran, diikuti pula meningkatnya masalah kesehatan yang semakin kompleks. Penyakit-penyakit seperti penyakit degeneratif termasuk penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi perhatian utama akhir-akhir ini. Sebabnya adalah terjadi perubahan gaya hidup yang berkaitan semakin meningkatnya tingkat aktifitas manusia. Maka mereka membutuhkan sesuatu yang serba cepat untuk menunjang aktifitas mereka. Untuk itulah mereka lebih memilih makanan cepat saji atau Makanan olahan yang saat ini sangat mudah didapat. Umumnya makanan seperti itu tidak memiliki nilai gizi yang seimbang, bahkan bahan-bahan pengawet makanan yang terkandung di dalamnya akan menambah dampak buruk bagi kesehatan. 

Dengan demikian, jika ingin hidup sehat, maka yang perlu diperhatikan adalah konsumsi makanan yang seimbang terutama hindari makanan cepat saji. Sesibuk apapun seseorang, jika dia memprioritaskan hidup sehat, maka hal itu bukanlah menjadi kendala utama.

Makanan Sehat adalah Makanan yang Beranekaragam

jika menginginkan gizi yang seimbang, maka tidak akan bisa didapatkan dari satu macam Makanan. Setiap jenis makanan mengandung komposisi gizi yang berbeda. Maka mengkonsumsi makanan dari berbagai jenis makanan akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber gizi yang mencakup zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

Untuk makanan sumber zat tenaga bisa didapatkan dari beras, jagung, gandum, roti, dan ubi. Sumber makanan ini akan menghasilkan energi yang cukup untuk kehidupan sehari-hari.
Sedangkan makanan sumber zat pembangun memiliki peran penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan seseorang. Jenis makanan seperti ini bisa di dapat dari bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan, tempe, tahu dll. Selain itu juga bisa didapat dari hewan seperti ikan, ayam, susu dan hasil olahannya.

Selanjutnya, makanan sumber zat pengatur berperan untuk memperlancar fungsi tubuh, makanan ini harus mengandung berbagai vitamin dan mineral.Jenis makanan seperti ini bisa didapat dari semua sayur-sayuran dan buah-buahan.

Jika ingin mendapatkan kinerja tubuh yang baik, maka minimal seseorang mengkonsumsi mengandung satu bahan makanan dari setiap jenis makanan sumber zat tenaga, pembangun, dan pengatur. Prinsip ideralnya adlah seperti ini. Setiap kali mengkonsumsi makanan, hidangan tersebut harus terdiri dari 4 kelompok makanan (makanan pokok, lauk-pauk, sayur, dan buah).

Setiap orang perharinya membutuhkan minimal 25gram serat. Makanan yang mengandung serat bisa didapatkan dari umbi, padi, sayur, dan buah. Tetapi Tetapi jika menginginkan kandungan serat yang tinggi bisa didapat pada buah atau sayur, selain itu umbi juga memiliki kandungan serat yang setara dengan sayur dan buah yang rata-rata memiliki kandungan serat 3.0 gram/100 gram terkecuali alpukat yang mengandung 6.7 gram/100 gram.Mengkonsumsi makanan ini sangat penting untuk mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Makanan Sehat adalah Mengkonsumsi Makanan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Tubuh

Sangat jarang orang yang menyadari akan kebutuhan tubuhnya sendiri. Kebanyakan mereka lebih mementingkan selera dan rasa daripada kebutuhan tubuhnya. Sayangnya selera dan rasa ini selalu tidak sebanding dengan kebutuhan tubuh. Makanan tinggi kalori adalah makanan yang paling banyak diminati saat ini. Padahal ini akan menyebabkan obesitas yang pada akhirnya disertai oleh berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit hipertensi, diabetes militus, jantung, dll.

Makanan Sehat Adalah Mengkonsumsi Lemak dan Minyak Sampai Seperempat dari Kecukupan Energi

Lemak dan minyak di dalam makanan sangat membantu dalam penyerapan vitamin-vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Selain itu juga sangat berguna untuk meningkatkan jumlah energi. Walaupun begitu mengkonsumsi melebihi kebutuhan tubuh menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan.Terutama bahwa tidak semua lemak berguna bagi tubuh, sebab ada lemak jahat yang harus dihindari. Ini sangat erat kaitannya dengan kemudahan proses pencernaan.

Disini lemak dibagi menjadi tiga golongan: Asam lemak tak jenuh ganda yang sangat mudah dicerna; asam lemak tak jenuh tunggal yang mudah dicerna; asam lemak jenuh yang sangat sulit dicerna.

Asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal umumnya terdapat pada makanan nabati, kecuali kelapa. Sedangkan asam lemak jenuh umumnya berasal dari makanan hewani, seperti ikan, daging, ayam, dll.

Mengkonsumsi lemak jenuh secara berlebihan memiliki faktor resiko tinggi bagi kesehatan, hal ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh arteri dan peyakit jantung koroner.
Makanan Sehat adalah Mengkonsumsi Makanan Rendah Garam dan Tinggi Kalium
Konsumsi garam yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 6 gram per hari. Hal ini karena mengkonsumsi garam yang berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi. Sebaliknya kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu konsumsi tinggi kalium sangat dianjurkan.

Sumber Kalium yang baik adalah buah-buahan, seperti pisang, jeruk, tomat, dll. Secara alami sebenarnya banyak bahan pangan yang memiliki kandungan kalium dengan rasio lebih tinggi dibandingkan dengan natrium. Tetapi, akibat proses pengolahan rasio tersebut menjadi berbanding terbalik.

Makanan Sehat adalah Menghindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat menghambat proses penyerapan zat gizi bahkan dapat menghilangkan zat-zat gizi yang penting untuk tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Ini berarti meminum alkohol dapat menderita kekurangan gizi. Lebih dari itu juga menyebabkan penyakit gangguan hati, keruasakan saraf otak dan jaringan di dalam tubuh.

sumber : http://makanansehat-keluarga.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India